Konflik ADOR vs HYBE, Bagaimana Nasib NewJeans?

Daftar Isi
 
konflik ador vs hybe, bagaimana nasib newjeans

Permainan kebenaran antara Pimpinan HYBE Bang Si Hyuk dan CEO ADOR Min Hee Jin telah dimulai.

Pada hari Senin (22/4/2024), tim audit HYBE dan lainnya mengunjungi area bisnis manajemen ADOR, yang dipimpin oleh Min Hee Jin, untuk mengambil aset komputer perusahaan dan mengamankan pernyataan tatap muka. Selain itu, setelah mengetahui keadaan di mana eksekutif HYBE, Tuan A dan yang lainnya berencana untuk mengambil alih hak pengelolaan, otoritas audit tiba-tiba diaktifkan.

Secara khusus, Tuan A menimbulkan kehebohan ketika dia diketahui menggunakan posisinya untuk menyampaikan informasi internal HYBE kepada ADOR atau rahasia dagang yang diperlukan untuk kemerdekaan ADOR sejak berada di HYBE. Untuk menarik investor, mereka membocorkan kontrak rahasia dan mendiskusikan cara membujuk HYBE untuk menjual saham ADOR, yang tertangkap dalam audit internal HYBE.

ADOR adalah perusahaan yang didirikan oleh HYBE pada tahun 2021 dengan investasi modal sebesar 16,1 miliar won, dan CEO Min Hee Jin, yang pernah bekerja di SM Entertainment dan memproduseri girl grup NewJeans, adalah pemegang saham terbesar kedua. Min Hee Jin membeli 18% saham ADOR dari HYBE tahun lalu dengan harga sekitar 1,1 miliar won. HYBE memegang 80% saham, dan 2% sisanya dipegang oleh eksekutif ADOR lainnya.

Pada akhirnya, ADOR pun buka suara atas berita yang beredar. Min Hee Jin mengungkit 'isu plagiarisme NewJeans oleh ILLIT'. ILLIT adalah girl grup beranggotakan lima orang yang debut bulan lalu dan tergabung dalam Belift Lab, label di bawah HYBE.

NewJeans dari ADOR (atas) dan ILLIT dari Belift Lab (bawah)

ADOR  mengklaim bahwa ILLIT meniru NewJeans di semua bidang aktivitas hiburan, termasuk rambut, tata rias, kostum, koreografi, fotografi, video, dan penampilan di acara. ADOR mengatakan, "Ini benar-benar memalukan. Pimpinan HYBE, Bang Si Hyuk memproduseri album debut ILLIT. Salinan ILLIT terhadap NewJeans tidak dilakukan oleh label Belift Lab saja, tetapi HYBE juga terlibat."

ADOR menunjukkan, "HYBE, yang dikatakan sebagai perusahaan K-pop terkemuka, dibutakan oleh keuntungan jangka pendek dan menyalin konten budaya yang sukses tanpa ragu-ragu dan bukannya menunjukkan hal baru, mereka malah memproduksi hal-hal yang dangkal."

Selain itu, ADOR mengatakan, "NewJeans, yang saat ini sedang mempersiapkan comeback pada bulan Mei, telah terseret ke dalam kontroversi yang tidak perlu dengan kemunculan ILLIT, sehingga menimbulkan kekhawatiran dan kelelahan bagi penggemar dan publik."

ADOR sebenarnya adalah anggota HYBE, sama seperti Belift Lab, dan perusahaan lainnya. ADOR tidak pernah mengizinkan atau menyetujui siapa pun yang meniru pencapaian NewJeans dan tidak ingin NewJeans dikaitkan dengan ILLIT dengan cara apa pun, seolah-olah mereka adalah grup yang lebih muda dari seseorang hanya karena mereka debut di sebuah label di bawah HYBE. 

"Saya tidak punya niat untuk menoleransi promosinya," kata ADOR dengan tegas.

Secara khusus, ADOR mengangkat masalah resmi dengan HYBE mengenai perilaku perusahaan sejauh ini, namun alih-alih mengakui kesalahannya, ADOR mengklaim bahwa respons terperinci membutuhkan waktu, dengan mengatakan, "HYBE hari ini tiba-tiba memberhentikan dan memecat Min Hee Jin dari tugasnya sebagai CEO. Saat memberi tahu perusahaan bahwa mereka akan melanjutkan prosedur tersebut, alasannya adalah bahwa CEO Min Hee Jin dikatakan memiliki 'risiko yang secara signifikan merusak nilai perusahaan ADOR' dan pada saat yang sama, media membuat pernyataan yang tidak masuk akal seperti itu."
 
"Media mengatakan bahwa CEO Min Hee Jin 'berusaha untuk merebut hak manajemen'. Masuk akal untuk memahami bagaimana protes sah yang bertujuan melindungi pencapaian budaya salah satu artis yang berafiliasi, NewJeans. Hal itu juga dapat merugikan kepentingan ADOR karena tindakan merampas hak pengelolaan ADOR."

"Tampaknya ada niat yang tidak dapat dipahami," ungkap ADOR.

HYBE Entertainment

Karena konflik antara kedua belah pihak, harga saham HYBE ditutup pada 212.500 won pada tanggal 22, turun 18.000 won (7,81%) dari hari sebelumnya. Harga saham hiburan bagus karena pasar secara keseluruhan naik, tetapi harga saham anjlok di sore hari karena masalah internal di HYBE. Nilai perusahaan (kapitalisasi pasar) HYBE yang menguap dalam satu hari, berjumlah 750 miliar won.

Di sisi lain, NewJeans akan merilis single ganda di Korea dan Jepang masing-masing pada tanggal 24 Mei dan 21 Juni, dan akan mengadakan fanmeeting di Tokyo Dome di Jepang pada tanggal 26 dan 27 Juni. 

Bulan lalu, ADOR berkata, "Setelah menghabiskan hari-hari sibuk dengan berbagai jadwal dan beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga, NewJeans akhirnya siap memberikan kejutan kepada penggemar sekali lagi dengan musik dan panggung baru. Aktivitas NewJeans di tahun 2024. Tolong beri kami banyak antisipasi dan dukungan." 

Namun karena kejadian tersebut, belum diketahui apakah NewJeans akan berhasil melaksanakan jadwal comeback yang direncanakan semula. Perhatian kini tertuju pada bagaimana kedua belah pihak akan menyelesaikan konflik tersebut dan apakah hal tersebut tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan pada aktivitas artis mereka.

Source : Star News

Posting Komentar