'Magnetic' ILLIT Debut di Posisi ke-91 Chart Billboard 'Hot 100'

Daftar Isi
magnetic illit posisi ke-91 billboard hot 100

Menurut media sosial Billboard pada tanggal 15 April (waktu setempat), 'Magnetic', yang dirilis oleh ILLIT pada tanggal 25 Maret lalu, debut di nomor 91 di 'Hot 100' chart Billboard.

ILLIT menjadi grup K-pop pertama yang masuk 'Hot 100' dengan lagu debut mereka. Di antara artis solo, Jungkook, anggota grup super global 'BTS', sebelumnya menempati peringkat pertama di 'Hot 100' dengan lagu debut solo resminya 'Seven' tahun lalu.

Sebelumnya, 'Magnetic' menduduki peringkat kedua dalam 'Bubbling Under Hot 100', yang mengurutkan lagu-lagu yang nyaris masuk ke 'Hot 100' minggu lalu, meningkatkan ekspektasi untuk masuk ke 'Hot 100' minggu ini.

Selain itu, berdasarkan tanggal publikasi resmi chart (16 April), ILLIT mencetak rekor memasuki 'Hot 100' hanya 22 hari setelah debut mereka. Tentu saja, ini adalah waktu tersingkat bagi sebuah grup K-pop untuk masuk ke chart. Mereka mengalahkan rekor grup 'Fifty Fifty', yang debut di nomor 100 di 'Hot 100' 130 hari setelah debut dengan 'Cupid', dengan selisih 110 hari.

ILLIT menjadi girl grup K-pop ketujuh yang masuk 'Hot 100'. Sebelumnya Wonder Girls, BLACKPINK, TWICE, NewJeans, Fifty Fifty, dan LE SSERAFIM masuk dalam 'Hot 100' terlebih dahulu. Termasuk boy group seperti BTS dan Stray Kids, masuk 'Hot 100' untuk kesembilan kalinya. Di antara penyanyi solo, seluruh anggota BTS, Lisa, Rosé, Jennie, dan PSY masuk dalam 'Hot 100'.

'Hot 100', yang dianggap sebagai indikator kunci untuk mendapatkan popularitas di pasar pop Amerika, memiliki hambatan yang lebih tinggi daripada memasuki puncak 'Billboard 200'. Performa lagu dihitung secara komprehensif dengan menjumlahkan penjualan suara fisik tunggal dan digital, angka streaming, angka pemutaran radio, penayangan YouTube, dll.

Secara khusus, proporsi pemutaran radio sangat besar, dan ini masih dianggap sebagai 'grafik impian' bagi grup K-pop yang sebagian besar tampil di 'Billboard 200' karena dukungan kuat dari sejumlah kecil penggemar dibandingkan popularitas populer lokal. Namun, ILLIT terbukti menjadi pendatang baru yang super dengan memasuki 'Hot 100' tepat setelah debutnya.

Sebelumnya, ILLIT memperlihatkan popularitasnya dengan menduduki peringkat ke-63 dan ke-33 di tangga lagu penting Billboard, masing-masing 'Global 200' dan 'Global (tidak termasuk AS)', hanya 8 hari setelah debut dengan 'Magnetic'. Selain itu, 'Magnetic' menjadi lagu debut pertama grup K-pop yang masuk UK Official Chart 'Single Top 100' selama dua minggu berturut-turut.

Mulai tanggal 17 April, ILLIT akan memulai promosi lagu lanjutannya dengan lagu 'Lucky Girl Syndrome' dari 'Super Real Me'.

Source : NEWSIS

Posting Komentar